Bahasa

Reviu Riverdale: Komik Purba Yang Diadaptasi Menjadi Series Thriller Remaja.

riverdale-cast-cw
Josie, Jughead, Betty, Archie, Veronica, Kevin, Cheryl, Reggie

Akhir-akhir ini banyak banget TV series baru Amerika yang ber-genre Horor atau Thriller. Sebagai seseorang yang memang hobi nonton genre-genre tersebut, series baru yang judulnya Riverdale ini pastinya jadi sesuatu yang aku tunggu-tunggu di 2017.

Riverdale sendiri adalah sebuah adaptasi dari komik Amrik yang berjudul Archie. Karena jarang baca komik, aku nggak banyak tahu tentang komik yang satu ini kecuali memang komik ini popular banget di Amrik, udah ada sejak tahun 50an, buk!

Karena series ini highly advertised, sebelum tayang pun aku udah cari-cari tahu tentang series ini, termasuk baca komiknya meskipun cuma volume pertama. Komiknya sendiri sih ringan karena bercerita tentang kehidupan keseharian remaja. Meskipun begitu, versi seriesnya dibuat lebih gelap dan kelam, bisa dibilang mirip-mirip gabungan antara Gossip Girl + Teen Wolf + Pretty Little Liars lahh..

Karakter

riverdaleposter-819x1024-770x353
Veronica, Betty, Josie, Jughead, Cheryl, Archie

Dari aspek karakter, Riverdale juga cukup menarik. Yang pastinya, seperti series remaja lainnya, nggak ada orang jelek yang dicasting di dalamnya, haha. Meskipun Riverdale adalah series Milenial, karakter di dalamnya klasik khas cerita—cerita remaja Amerika banget. Empat tokoh utamanya adalah Archie si atlet futbol yang all-American banget, Betty si tipe cewek “baik-baik,” Jughead si kutubuku yang agak emo, dan Veronica si anak orang kaya. Di komik si Veronika sifatnya lebih manja dan bitchy, tapi kemudian diubah jadi anak orang kaya yang meskipun dingin dan ambisius tapi tetap baik hati. She’s actually one of the protagonist!

Ada lagi beberapa perbedaan karakter di komik dan di series dimana karakter di komik yang isinya orang kulit putih semua diubah jadi lebih beragam. Veronica sendiri diperankan oleh seorang Latina. Ada juga karakter yang aslinya kulit putih seperti Josie dan Reggie yang di series diperankan oleh seorang berkulit hitam dan berdarah Asia. Selain itu, di komik sebenernya cuma ada satu karakter yang gay, tapi di series ada satu karakter, Moose, yang juga dibikin vaguely gay, atau mungkin biseksual. Haha, menarik ya? Jaman sekarang acara TV AS yang nggak mewakili suara minoritas memang bakal ditempa oleh banyak kritik.

Plot

 

Terkait alur cerita, belum banyak yang bisa diutarakan sih, apalagi karena memang baru ada satu episode. Tapi sejauh ini bisa dibilang ada dua alur besar cerita. Yang pertama cerita fokus ke sebuah misteri pembunuhan seorang pelajar Riverdale yang ternyata adalah saudara kembar si antagonis utama di cerita, Cheryl. Alur yang kedua focus kepada kisah cinta segitiga antara Archie, Veronica, dan Betty, yah namanya juga series remaja.

Aku sendiri sih merekomendasikan series ini terutama buat mereka yang suka series semacam Pretty Little Liars, Wayward Pines, atau Twin Peaks. Buatku, daya tarik Riverdale ini nggak cuma di cerita misterinya, tapi juga atmosfer visualnya yang suram, kelam, dan seram. Mungkin beberapa orang bakalan sedikit ragu buat nonton karena premisenya sebagai series remaja. Tapi, menurutku aspek remajanya nggak terlalu kental kok. It’s not 90210, it’s more like watching Scream or Night on Elm Street, tokohnya remaja tapi ceritanya menarik secara umum.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s